Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit

Cara meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit penting untuk diperhatikan terutama ketika Anda sering sakit. Daya tahan tubuh atau sistem imun penting bagi Anda karena hal ini membuat Anda tetap sehat serta mencegah terjadinya infeksi. Sayangnya sistem kekebalan tubuh bisa saja menurun akibat virus, bakteri, jamur dan parasit. Berikut tips tepat untuk meningkatkan kembali daya tahan tubuh Anda.

Penyebab Daya Tahan Tubuh Menurun

Beberapa penyebab yang sering membuat daya tahan tubuh seseorang menurun contohnya seperti wabah flu saat musim hujan karena biasanya virus bertahan lebih lama di musim ini. Selain itu juga karena pola makan Anda yang tidak sehat, stress dan kurang tidur. Perubahan musim yang terjadi di lingkungan Anda misalnya dari musim kemarau ke musim penghujan juga bisa mempermudah terjadinya infeksi.

Berbagai penyakit yang sering menyerang kala daya tahan tubuh melemah yaitu pilek/ flu dan tipes. Lalu bagaimana caranya agar tidak sakit-sakitan? Di bawah ini ada beberapa cara yang bisa dicoba.

Inilah cara meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit

  1. Pastikan Tidur Cukup
    Penuhi kebutuhan waktu tidur Anda yang cukup. Menurut studi yang dilakukan di Mellon University, seseorang yang mengaku tubuh mereka terasa segar meski tidur kurang dari 7 jam setiap hari tetap memiliki risiko 3 kali lebih besar untuk terjangkit sakit flu daripada mereka yang memiliki waktu tidur paling tidak 8 jam setiap harinya.
  2. Olahraga Minimal 30 Menit Tiap Hari
    Olahraga sangatlah penting untuk menjaga kesehatan, makanya pastikan Anda melakukan olahraga minimal 30 menit setiap harinya. Setelah itu bisa ditingkatkan jadi 1 jam kalau sudah terbiasa. Berolahraga membantu memperlancar aliran darah di dalam tubuh sehingga sel imun dapat tersalurkan ke seluruh tubuh. Direkomendasikan rutin berolahraga 5 kali dalam seminggu.
  3. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh Setiap Harinya
    Anda harus memastikan kebutuhan cairan tubuh terpenuhi setiap harinya dengan rajin minum air putih paling tidak 8 gelas setiap hari. Menurut hasil studi yang dilakukan oleh salah seorang petugas Natural Health di Seattle, cairan tubuh yang terpenuhi membuat tubuh kita jadi tidak gampang sakit dan terkena infeksi. Hal ini karena selaput lendir serta sel imun di sekresi berfungsi untuk melawan virus yang bisa menyebabkan sakit flu. Tapi fungsi itu tak akan berjalan dengan baik kalau tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi.
  4. Meditasi Untuk Mengelola Stres
    Jika Anda sering merasa stres akibat kegiatan atau aktivitas setiap hari, maka ini saatnya Anda belajar untuk mengelola stres. Salah satunya caranya adalah dengan melakukan meditasi. Ini adalah salah satu cara menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari penyakit. Memang kalau pikiran sedang stres, tubuh akan rentan kena penyakit. Meditasi dipercaya dapat membantu mengurangi pengaruh fisik yang disebabkan oleh stres.
  5. Jangan Lupa Selalu Mencuci Tangan dan Keringkan
    Tiap kali melakukan sesuatu atau selesai beraktivitas terutama sebelum dan sehabis makan, jangan lupa untuk selalu mencuci tangan dan keringkan. Pastikan mencuci tangan sampai bersih karena tangan bisa jadi sarang bakteri yang menyebabkan penyakit. Tidak lupa juga untuk mengeringkan tangan yang basah sehabis mencuci karena bakteri bisa menempel di tangan yang masih basah.

Itulah tadi beberapa cara meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit yang harus diperhatikan baik oleh orang dewasa maupun anak-anak agar tak mudah sakit. Selain itu, pastikan Anda memiliki pola makan yang benar dan konsumsi sayur dan buah-buahan agar nutrisi tetap terjaga.